Friday, March 30, 2018

Pengalaman Mengatasi Busuk Akar Aglaonema

Dalam beberapa kasus di jumpai  masalah busuk akar pada bunga aglaonema, penyakit busuk akar sangat sulit untuk di pantau karena kondisi fisik pada daun dan batang atas tidak menunjukan aglaonema sedang terserang penyakit busuk akar, pada kasus yang pernah kami alami penyakit ini mulai menampakan tanda - tanda aglaonema sedang terserang penyakit jika batang bawah dan akar telah mengalami kerusakan di atas 60 %. Namun kondisi demikian tidak berarti aglaoneme tidak terselematkan, ada beberapa cara untuk menyelamatkan aglaonema dengan kondisi demikian.

Tanda - Tanda Aglaonema Terserang Busuk Akar

1. Batang tanaman terlihat tidak kokoh atau mudah goyah saat di terpa angin
2. Daun mulai dari pangkal bawah mulai menguning dan rontok
3. Daun pada batang atas akan layu pada siang hari dan segar kembali pada malam hari

Cara Mengatasi Busuk Akar Pada Aglaonema

1. Cabut aglaonema dari pot secara perlahan, proses ini di usahakan tidak merusak akar dan batang bawah yang masih sehat.
2. Bersihkan akar dan batang bawah dari tanah yang masih menempel
3. Buang akar dan batang bawah yang busuk
4. Periksa dengan seksama apakah proses pembersihan akar dan batang busuk sudah benar, sehingga sudah tidak ada lagi akar dan batang yang busuk tertinggal
5. Olesi akar dan batang yang baru di bersihkan dari yang busuk dengan fungisida dab bakterisida.
6. Ganti media tanam di pot lama dengan media tanam baru, kemudian tanam kembali aglaonema tersebut
7. Usahakan pada pot baru, fungsi resapan air pada media tanam baik sehingga air siraman tidak menggenagi media tanam.

Pada kondisi demikian aglaonema harus mendapat perhatian khusus, perakaran aglaonema belum bisa maksimal menjalankan fungsinya, jaga kelembapan media tanam dan hindarkan dari sinar matahari langsung, berikan tambahan unsur hara tanaman melalui daun dengan cara penyemprotan daun setiap 5 - 7 hari sekali dengan dosis sesuai petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan pupuk daun.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

SHARE THIS

Author:

Aglaonema adalah tanaman yang menawarkan kecantikan dan keberagaman warna daun, hal itu membuatku sangat tertarik dengan Aglaonema

0 komentar: