Monday, March 26, 2018

Bagaimana Caranya Memunculkan Warna Merah Pada Daun Bunga Aglaonema ?

Di kutip dari berbagai sumber. Anthocyanin, konon adalah pigment yang berperan pada warna (termasuk ungu, merah). Salah satu yang merangsang pembentukan anthocyanin, adalah naluri (kalau boleh disebut naluri) tanaman untuk mempertahankan diri, dimana anthocyanin berfungsi untuk menyerap sinar ultraviolet yang melindungi sel-sel tanaman dari kerusakan akibat ter expose sinar terik matahari (dalam hal ini UV). Itu juga yang menyebabkan warna daun pada musim tertentu di daerah subtropis (spring) menjadi merah menyala.. karena perubahan cuaca dan perubahan panjang gelombang sinar matahai merangsang tanaman membentuk anthocyanin di daun untuk mempertahankan diri dari kerusakan. Hal yang sama terjadi pada beberapa pucuk/daun muda tanaman tertentu yang secara alami mengandung banyak anthocyanin (misalnya pucuk bunga ros), karena kondisi pucuk yang masih lemah perlu pertahanan diri dengan kandungan anthocyanin yang cukup tinggi.
 

Menurut literatur ada beberapa faktor yang mempengaruhi meningkatnya kadar anthocyanin dalam daun tanaman, antara lain adalah penyiraran sinar warna biru sampai sinar kasat mata gelombang rendah ultra violet (UV), pH yang cenderung agak asam (pH agak rendah), stress pada tanaman misalnya akibat transplanting shock, sakit, dll, juga pemberian nutrisi nitrogen dalam bentuk amonium (misalnya amonium sulfat), kondisi defisiensi hara, dan pemberian unsur hara mikro. Kondisi stress pada tanaman dan pemberian nutrisi terbatas sudah kemungkinan bisa memicu naiknya kandungan  anthocyanin pada daun.
Ada baiknya lakukan penyiram rutin dan penjemuran temporary/sementara waktu untuk merangsang kondisi tersebut, selamat mencoba semoga sukses.


SHARE THIS

Author:

Aglaonema adalah tanaman yang menawarkan kecantikan dan keberagaman warna daun, hal itu membuatku sangat tertarik dengan Aglaonema

0 komentar: